Saturday 29 April 2017

8.13 Mengaktifkan Userdir Dengan Nginx Di Centos 7 | DinoIT

Assalamualaikum Wr.Wb, kali ini DinoIT saya akan memposting tentang konfigurasi Userdir Dengan Nginx, pos sebelumnya yaitu Konfigurasi VirtualHost Dengan Nginx Centos 7.

Jika pada beberapa pos sebelumnya saya sudah pernah melakukan konfigurasi userdir di centos 7 menggunkan apache, kali ini saya akan menkonfigurasikan userdir menggunkan Nginx. Oke langsung saja simak konfigurasi berikut.

1. Topologi

2. Membuat User

Pertama tama kita perlu membunyai usernya, untuk membuatnya kalian bisa membuatnya terlebih dahulu,jika sudah ada kalian bisa melewati tahap ini.
disini saya membuat user dengan nama aldinotkj.

3. Mengedit File vhost

dikarenakan saya sudah membuat file vhost pada pos sebelumnya. jadi saya hanya tinggal mengedit isinya.

4. Isikan script

lalu isikan Script berikut
Penjelasan
listen berfungsi sebagai port pada web nya
Server_name adalah name server yang digunakan


Dan untuk location nya isikan seperti pada gambar, jangan sampai salah atau typo :3

5. Restart Nginx

Setelah kita konfigurasikan file vhost nya, sekarang saya perlu merestart nginx nya, dan jika berhasil ketika di restart maka konfigurasi tadi berhasil.

6. Membuat Direktori public_html

Setelah itu kita perlu membuat direktori public_html. Direktori tersebut berfungsi sebagai lokasi file index.html pada user nya. Dan saya membuat direktori tersebut pada direktori /home/aldinotkj(user yang saya gunakan)/, berarti saya membuat direktori nya terletak pada user aldinotkj.

7. Memberikan Permission

chmod 711 /home/aldinotkj/
berfungsi untuk mengganti mode dari direktori aldinotkj, agar direktori bisa digunakan
chown aldinotkj:aldinotkj /home/aldinotkj/public_html 
berfungsi untuk mengganti ownership dari direktori public_html.
chmod 755 /home/aldinotkj/public_html 
 berfungsi untuk mengganti mode dari direktori public-html, agar direktori bisa digunakan

8. Membuat file .html

setelah itu kita membuat file .html nya, file tersebut berfungsi sebagai tampilan halaman web ketika di akses.

9. Memberikan Permission

setelah kita membuat file untuk halaman web nya, kita perlu memberikan permission kepada file tersebut.
chmod 644 /home/aldinotkj/public_html/index.html
setsebool -P httpd_enable_homedirs true

10. Akses Web

Sekaran kita akses web nya, buka browser dan ketikan
www.(namadomain)/~(user)

Dengan begitu Mengaktifkan Userdir Dengan Nginx Centos 7 selesai.
Tunggu lanjutannya ya :3.
Jika ada masukan silahkan comment dibawah.
Semoga Blog ini bisa bermanfaat dan membantu.
Terima Kasih... ^_^
Wassalamualaikum Wr Wb

0 komentar:

Post a Comment